Pencuri-pencuri yang Muncul Ketika Bulan Ramadhan Tiba

Pencuri-Pencuri yang Muncul Ketika Bulan Ramadhan Tiba

Bulan Ramadhan merupakan salah satu bulan yang tentunya ditunggu-tunggu oleh sebagian kaum muslim di Indonesia. Pasalnya di bulan tersebut setiap kebaikan dan ibadah yang kita kerjakan akan dilipatgandakan ganjarannya. Selain itu, di bulan Ramadhan banyak aktivitas yang mendatangkan pahala bahkan termasuk tidur ketika berpuasa.

Namun banyak yang tidak menyadari terdapat pencuri-pencuri yang umumnya muncul di bulan Ramadhan yang dapat menghambat kekhusyukan dalam menjalankan ibadah puasa.

Pencuri yang dimaksud di sini bukanlah seseorang yang mengambil atau meminta hak dan harta benda orang secara paksa, melainkan mereka yang mengambil kesempatan beribadah dan mencari pahala di bulan Ramadhan. Berikut ini adalah uraian lengkapnya.

Sekelompok Orang yang Mencuri Uangmu Untuk Bersedekah

Pada bulan Ramadhan banyak pedagang-pedagang takjil dan makanan musiman yang menyediakan beragam menu yang siap menggoda dompet anda. Keadaan tubuh yang dalam keadaan lapar, membuat seseorang kalap dan kalut ketika melihat beragam menu makanan yang dijajakan di pinggir jalan atau warung.

Baca Juga: 4 Pilihan Aplikasi Android ketika Bulan Ramadhan

Tak jarang mereka membeli makanan dan minuman takjil secara berlebihan yang tak mungkin mampu untuk dihabiskan ketika berbuka. Perut yang kosong selama hampir 14 jam menyebabkan usus hanya mampu menampung makanan dalam porsi secukupnya.

Uang yang seharusnya dapat digunakan untuk bersedekah, akan dihambur-hamburkan untuk membeli makanan dan minuman secara berlebihan.

Program Televisi yang Membuat Anda Lengah Untuk Beribadah

Program Televisi yang Membuat Anda Lengah Untuk Beribadah

Pada saat menjelang berbuka puasa, biasanya anda akan menghabiskan waktu untuk ngabuburit dengan berjalan-jalan atau sekedar membeli takjil di pinggir jalan.

Tak jarang pula mereka yang terlalu lemas untuk beraktivitas lebih memilih untuk menghabiskan waktu dengan menonton televisi yang bertemakan ngabuburit.

Dalam hal ini program-program televisi tersebut merupakan pencuri terhadap waktu menjelang puasa di mana anda dapat menambah pahala dengan berdizikir atau membaca alquran.

Maka dari itu, setelah membaca artikel ini kiranya anda dapat lebih bijaksana dalam memanfaatkan waktu ketika menjelang berbuka puasa.

Begadang Tengah Malam

Salah satu godaan di bulan Ramadhan adalah kegiatan begadang tanpa arti hingga menjelang pagi. Setelah beribadah sholat tarawih yang dilanjutkan dengan tadarus, biasanya banyak kawula muda yang menghabiskan waktu dengan kegiatan nongkrong-nongkrong yang tiada manfaat. Kegiatan tersebut dapat mencuri waktu anda untuk sholat tahajud di sepertiga malam di bulan Ramadhan.

Apabila telah memasuki 10 hari menjelang berakhirnya bulan puasa, kaum muslim disunahkan untuk melakukan sholat lailatul qadr untuk mendapatkan berkah dari turunnya alquran.

Apabila anda sering begadang, tentunya anda akan melewatkan waktu untuk beribadah sholat lailatul qadr.

Bermain Gadget Sepanjang Waktu

Salah satu kegiatan yang sering dilakukan kawula muda adalah bermain gadget atau android sepanjang waktu, tak terkecuali pada bulan Ramadhan. Terlalu lama bermain handphone akan menyita waktu anda yang seharusnya dapat digunakan untuk membaca alquran atau beribadah yang lainnya.

Menghabiskan Waktu Dengan Tidur

Menghabiskan Waktu Dengan Tidur

Pada saat berpuasa tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman yang membuat tubuh menjadi lemas dan malas untuk bergerak dan beraktivitas. Banyak dari masyarakat lebih memilih untuk menghabiskan waktu hingga menjelang berbuka puasa dengan tidur.

Tidur di bulan Ramadhan merupakan kegiatan yang mendapat pahala, namun buka berarti anda harus menghabiskan waktu dengan tidur.

Selama menunggu berbuka, anda dapat beraktivitas pada umumnya diselingi dengan ibadah yang lain seperti membaca alquran atau berdzikir.

Demikian sedikit ulasan mengenai pencuri yang biasanya muncul pada bulan Ramadhan. Semoga dapat menjadi sumber inspirasi bagi anda dalam memanfaatkan dan mengisi waktu di bulan Ramadhan dengan kegiatan yang lebih bermanfaat dan menambah pahala. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *